Awalnya saya dapet tips ini
gara2 ikut workshopnya Rico Ceper di kampus (UIN JAKARTA), udah lama juga sih workshop
nya sekitar bulan Mei yang lalu, tepatnya tanggal 31 Mei 2012 , lagi ada workshop di teater fakultas ilmu dakwah dan ilmu komunikasi, terus saya simak dan dapet kesimpulannya di bawah ini, mari kita simak bareng2 :)
ada yang tau Rico Ceper ga?
M. Rinko Safinka, S.E (lahir 8 Desember 1974; umur 37 tahun) yang lebih dikenal sebagai Rico Ceper
adalah penyiar radio dan juga presenter TV untuk acara olahraga. Hingga kini
dirinya masih aktif sebagai announcer dan public relations di Mustang
FM, sebuah radio
anak muda di Jakarta, selain juga memandu acara olahraga di stasiun tv swasta
nasional.
Berikut
ini adalah tips menjadi public speaker ala Rico Ceper waktu saya ikut workshop
doi :
Banyak
cara yang dapat anda tempuh untuk menarik perhatian khalayak ramai pada saat
anda berbicara di depan umum. Untuk itu kita harus mengetahui bagaimana cara
yang baik di saat kita menjadi public speaker atau yang lebih dikenal dengan
sebutan presenter, mc atau host. Merasa nervous di saat-saat sebelum berbicara
di depan umum ataupun pada saat anda melakukan presentasi, merupakan hal yang
sangat natural dialami oleh para presentator atau public speaker (presenter,
MC, host). Merasa gugup sebelum perform menandakan bahwa anda peduli akan
kesuksesan yag akan anda raih pada saat setelah anda berbicara di depan umum.
Berikut ini terdapat 10 tips yang dapat anda ditempuh agar sukses menjadi
public speaker yang baik, yaitu :
1.
Know the Atmosphere
Mengenali ‘atmosfer’
(lingkungan dan suasana) audience pada saat tampil di depan umum. Be familiar
with the place in which you will speak. Merasa nyaman dengan keadaan ruangan
(jika acara indoor).
·
Berasa pentingnya mengenal kondisi/ situasi dan kondisi lapangan,
audience atau masyarakat tempat event tersebut terselenggara.
·
Datang ke tempat tujuan lebih awal untuk belajar mengenal speaking
area.
·
Walk around the speaking area and practice using the microphone and any
visual aids.
2.
Know the audiece
Mengetahui siapa yang
anda ajak bicara (audience) merupakan salah satu hal terpenting di saat
berbicara depan umum.
·
Greet some of the audience as they arrive. It’s easier to speak to a
group of friends than to a group of stangers.
3.
Know your material
·
Jika anda tidak menguasai materi di saat berbicara di depan umum, maka
akan menimbulkan kesulitan yang sangat berarti bagi anda. Hal ini juga dapat
meningkatkan kegugupan yang akan melanda diri anda.
4.
Relax
·
Merasa nyaman dengan diri anda di depan umum akan mempermudah
komunikasi anda di saat menyampaikan informasi kepada audience. Sehingga
mempengaruhi mood audience, karena mereka pun merasa nyaman dan dekat dengan
anda.
·
Ease tension by doing exercise.
5.
Visualize yourself when giving you speech (gunakan komunikasi non
verbal)
·
Imagine yourself speaking.
·
Suara jelas dan kencang (dalam artian dapat menguasai audience dan
dapat memikat massa)
·
When you visualize yourself as successful, you will be successful.
6.
Menyesuaikan bahasa yang akan digunakan (formal/semi formal/informal)
·
Ini juga berkaitan sekali karena akan sangat berdampak dengan kedekatan
emosioal dan juga serasa tidak ada ‘jarak’ nantinya.
7.
Menciptakan interaksi yang seimbang dengan partner dan audience
·
Perlu juga membangun suasana yang ‘hangat’ agar menimbulkan komunikasi
yang lancar.
·
Two may communication (komunikasi dua arah)
8.
Menciptakan suasana yang fun dan menarik perhatian audience, agar tidak
monoton
·
Wawasan atau pengetahuan umum sangat diperlukan sekali apabila menjadi
MC, host atau pembicara sehingga suasana yang tercipta tetap hangat dapat
berkembang tanpa keluar dari pembatasan utama (adanya improvisasi).
9.
Secara teknis menguasai interpersonal skill
·
Interpersonal skill dapat didapat, dimulai dari sering dan menonton
yang pada akhirnya dapat mengetahui sejauh mana, kemana pun kita dalam membahas
satu permasalahan atau topik dapat dengan ‘menarik’ dan sebaik mungkin.
10.
Pay attention with your appereance look
·
Appereance look, tidak bisa dipungkiri bahwa first impression dapat
mencerminkan karakter seseorang atau juga bisa dikatakan secara ‘tampilan luar’
seseorang bisa membuat suasana yang tercipta jauh lebih baik.
·
Menyesuaikan penampilan dengan suasana (speaking area), apakah untuk
event resmi, semi resmi maupun non resmi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar