Sabtu, 27 Oktober 2012

TIPS MENJADI PUBLIC SPEAKER ( Presenter, MC, Host ) YANG BAIK By : Rico Ceper


Awalnya saya dapet tips ini gara2 ikut workshopnya Rico Ceper di kampus (UIN JAKARTA), udah lama juga sih workshop nya sekitar bulan Mei yang lalu, tepatnya tanggal 31 Mei 2012 , lagi ada workshop di teater fakultas ilmu dakwah dan ilmu komunikasi, terus saya simak dan dapet kesimpulannya di bawah ini, mari kita simak bareng2 :)

ada yang tau Rico Ceper ga?




M. Rinko Safinka, S.E (lahir 8 Desember 1974; umur 37 tahun) yang lebih dikenal sebagai Rico Ceper adalah penyiar radio dan juga presenter TV untuk acara olahraga. Hingga kini dirinya masih aktif sebagai announcer dan public relations di Mustang FM, sebuah radio anak muda di Jakarta, selain juga memandu acara olahraga di stasiun tv swasta nasional.

Berikut ini adalah tips menjadi public speaker ala Rico Ceper waktu saya ikut workshop doi :
Banyak cara yang dapat anda tempuh untuk menarik perhatian khalayak ramai pada saat anda berbicara di depan umum. Untuk itu kita harus mengetahui bagaimana cara yang baik di saat kita menjadi public speaker atau yang lebih dikenal dengan sebutan presenter, mc atau host. Merasa nervous di saat-saat sebelum berbicara di depan umum ataupun pada saat anda melakukan presentasi, merupakan hal yang sangat natural dialami oleh para presentator atau public speaker (presenter, MC, host). Merasa gugup sebelum perform menandakan bahwa anda peduli akan kesuksesan yag akan anda raih pada saat setelah anda berbicara di depan umum. Berikut ini terdapat 10 tips yang dapat anda ditempuh agar sukses menjadi public speaker yang baik, yaitu :
1.        Know the Atmosphere
Mengenali ‘atmosfer’ (lingkungan dan suasana) audience pada saat tampil di depan umum. Be familiar with the place in which you will speak. Merasa nyaman dengan keadaan ruangan (jika acara indoor).
·         Berasa pentingnya mengenal kondisi/ situasi dan kondisi lapangan, audience atau masyarakat tempat event tersebut terselenggara.
·         Datang ke tempat tujuan lebih awal untuk belajar mengenal speaking area.
·         Walk around the speaking area and practice using the microphone and any visual aids.
2.        Know the audiece
Mengetahui siapa yang anda ajak bicara (audience) merupakan salah satu hal terpenting di saat berbicara depan umum.
·         Greet some of the audience as they arrive. It’s easier to speak to a group of friends than to a group of stangers.
3.        Know your material
·         Jika anda tidak menguasai materi di saat berbicara di depan umum, maka akan menimbulkan kesulitan yang sangat berarti bagi anda. Hal ini juga dapat meningkatkan kegugupan yang akan melanda diri anda.
4.        Relax
·         Merasa nyaman dengan diri anda di depan umum akan mempermudah komunikasi anda di saat menyampaikan informasi kepada audience. Sehingga mempengaruhi mood audience, karena mereka pun merasa nyaman dan dekat dengan anda.
·         Ease tension by doing exercise.
5.        Visualize yourself when giving you speech (gunakan komunikasi non verbal)
·         Imagine yourself speaking.
·         Suara jelas dan kencang (dalam artian dapat menguasai audience dan dapat memikat massa)
·         When you visualize yourself as successful, you will be successful.
6.        Menyesuaikan bahasa yang akan digunakan (formal/semi formal/informal)
·         Ini juga berkaitan sekali karena akan sangat berdampak dengan kedekatan emosioal dan juga serasa tidak ada ‘jarak’ nantinya.
7.        Menciptakan interaksi yang seimbang dengan partner dan audience
·         Perlu juga membangun suasana yang ‘hangat’ agar menimbulkan komunikasi yang lancar.
·         Two may communication (komunikasi dua arah)
8.        Menciptakan suasana yang fun dan menarik perhatian audience, agar tidak monoton
·         Wawasan atau pengetahuan umum sangat diperlukan sekali apabila menjadi MC, host atau pembicara sehingga suasana yang tercipta tetap hangat dapat berkembang tanpa keluar dari pembatasan utama (adanya improvisasi).
9.        Secara teknis menguasai interpersonal skill
·         Interpersonal skill dapat didapat, dimulai dari sering dan menonton yang pada akhirnya dapat mengetahui sejauh mana, kemana pun kita dalam membahas satu permasalahan atau topik dapat dengan ‘menarik’ dan sebaik mungkin.
10.    Pay attention with your appereance look
·         Appereance look, tidak bisa dipungkiri bahwa first impression dapat mencerminkan karakter seseorang atau juga bisa dikatakan secara ‘tampilan luar’ seseorang bisa membuat suasana yang tercipta jauh lebih baik.
·         Menyesuaikan penampilan dengan suasana (speaking area), apakah untuk event resmi, semi resmi maupun non resmi.

yang pasti kalau mau belajar menjadi public speaker harus PD (Percaya Diri) yang nomor 1, karena tanpa percaya diri, sepintar apapun seseorang pasti akan susah untuk tampil di depan umum. demikian artikel yang saya buat semoga bermanfaat untuk anda semua dan khususnya sebagai pembelajaran untuk diri saya. untuk artikel selanjutnya ditunggu saja yaa...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar